//
you're reading...
UX Design

Tes di Perusahaan IT Lokal


iPhone Apps Design

iPhone Beach Style GUI

5 hari yang lalu, sebuah email masuk ke inbox dengan perihal untuk memberikan tes penerimaan karyawan baru yang kebetulan sebulan yang lalu saya pernah melamar ke sini untuk yang kedua kalinya karena tes yang pertama (2010) saya gagal di step paling akhir yaitu wawancara. Tentu sebagai perusahaan yang levelnya sudah internasional semuanya harus dengan Bahasa Inggris.

Tesnya sebenarnya sederhana saja,  berupa pembuatan UX Design (User Experience Design) di aplikasi iPhone dengan format (jpg). Dalam pikiran saya ini semua bisa dikerjakan, dengan photoshop semua tools-nya sudah ada. Mereka memberi waktu 5 hari untuk menyelesaikan tugas ini, sehari untuk riset, sehari lagi untuk membuat task flow-nya, dan 3 hari untuk mendesain. Ada 4 halaman yang harus didesain yaitu: inisal screen, about us, product list, dan product page. Semuanya di desain sebagus mungkin dengan tema yang sudah ditentukan. Ada ketentuan khusus dalam mendesain seperti harus mengetahui dasar suatu desain termasuk : balance, composition, grid, color imagination, spacing, dan harmony. Selain itu segi kreatifitas dan estetika juga diperhatikan.

Dalam tes ini saya ada tambahan pengetahuan baru dalam photoshop, yaitu penggunaan vector mask yang sangat direkomendasikan dalam pembuatan desain yang bersih dan simpel serta fleksibel karena bisa diubah-ubah tanpa mendesain ulang keseluruhan gambar terutama untuk gambar yang menggunakan kurva (curve), garis-garis melingkar, dan bentuk-bentuk tak beraturan.

Selain itu penggunaan layer style juga sangat disarankan, mengingat untuk mempertahankan konsistensi warna dan gaya saat mendesain halaman aplikasi yang lebih dari satu. Penggunaan group layer juga sangat dianjurkan karena banyak detail yang harus dibuat dengan banyak layer.

Untuk mempermudah dalam mengatur peletakan teks maka sebaiknya menggunakan grid yang bisa dibuat secara manual, kegunaannya supaya layoutnya tidak berantakan.

About Yanwar Pro

Cool person but friendly...

Discussion

No comments yet.

Leave a comment

Halaman

Blog Stats

  • 11,751 hits