//
you're reading...
Web Design

Membuat Template WordPress Sendiri


Melihat fenomena ngeblog dan pembuatan web di internet, saya menjadi ikut-ikutan nimbrung. Awalnya cuma iseng-iseng buat blog, namun ada yang mengganjal tentang desain templatenya yang free yang gitu-gitu amir. Lalu berdasarkan pengalaman desain yang aku perangi selama ini, maka saya memberanikan diri membuat template sendiri tentu dengan referensi dari orang lain yg sudah jago selain wordpress sendiri. Doakan saja templateku sendiri ini segera jadi.

Untuk membuat template, maka terlebih dahulu anda harus mengerti tujuan pembuatan website itu sendiri: untuk perusahaan atau pribadi sehingga arahnya temanya jelas. Yang pertama kali yang harus dilakukan adalah:

    1. Membuat jadwal pengerjaan. Ini penting untuk mengefisienkan waktu kita supaya apa yang kita kerjakan benar-benar bisa diukur dan sesuai dengan target. Jadwal bisa dimulai dari mencari ide, menentukan tema, membuat konten/isi, membuat desain layout di photoshop, menconvert psd ke html, menambahkan fungsi-fungsi programming ke dalam desain web (dalam hal ini engine yang dipakai adalah wordpress), testing, evaluasi, lounching, dan maintenance.

      Jadwal Pembuatan Web

    2. Mencari ide dan referensi template di internet (yang bagus biasanya yang berbayar (karena kalo beli lumayan mahal)
    3. Membuat desain tema dengan photoshop. Prinsip ATM bisa digunakan disini, yaitu Ambil Tiru dan Modifikasi dengan bantuan photoshop, kita bisa mencontoh desain mereka dengan membuat layout dan warna yang berbeda. Seperti apa yang saya buat di bawah ini: Cara melayout desain web ada langkah-langkah yang harus diketahui, nanti akan saya jelaskan lebih lanjut pada kesempatan lain membuat layout desain memakai photoshop.

      Layout di photoshop

       

    4. Langkah selanjutnya adalah memotong-motong (mutilasi) file gambar tersebut menjadi bagian yang bisa kita coding nantinyaL. Untuk bisa menjadikan file psd menjadi html, tentunya kita harus tahu bahasa CSS dan HTML ini.
    5. Menambahkan fungsi-fungsi pemrogramman web (php) ke dalamnya. Karena membuat fungsi sendiri susah, maka kita bisa menggunakan fungsi-fungsi yang sudah ada di internet, dalam hal ini wordpress sebagai engin-nya. Nanti akan kita bahas lebih lanjut karena saya sendiri masih belajar, he he he.
    6. Testing di server lokal dulu kemudian lanjut di server internet. Karena servernya menggunakan php, maka anda bisa menginstal xampp versi terbaru, Kita bisa melihat web disitu tanpa harus online, sebab jika dilakukan langsung secara online akan sangat boros waktu dan biaya.
    7. Evaluasi setiap kesalahan dari setiap desain dan coding yang kita lakukan sesering mungkin dan ini berlangsung berulang-ulang,
    8. Kalau semua tahapan di atas sudah oke maka kita bisa louching web tersebut di internet dengan terlebih dahulu membeli domain dan hosting.
    9. Maintenance tiap web yang sudah kita upload di internet.

to be continued…

Advertisements

About Yanwar Pro

Cool person but friendly...

Discussion

One thought on “Membuat Template WordPress Sendiri

  1. Dapatkan cara termudah membuat theme wordpress dengan menggunakan plugin HTML TO WORDPRESS CONVERTER. Anda dapat mengkonversi sendiri template HTML kesayangan anda menjadi Template WordPress tanpa perlu menguasai programing!

    Posted by scriptmurahsekali | December 29, 2013, 11:49 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: