//
you're reading...
Tips and Trik

Cara Balikin Dompet dan Hape Hilang


Dompet atau gadget seperti hape tentu seringkali kita bawa kemana-mana, entah untuk pergi belanja atau sekedar keluar dan jauh dari rumah. Mengingat kedua barang tersebut sangatlah penting dan berharga, tentunya kita tidak mau kehilangan. Kata pepatah, kita akan merasa memiliki setelah kita kehilangan. Untuk menjaga agar kedua barang tersebut tidak hilang, di bawah ini ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan:

  1. Bawalah kedua barang tersebut di kantong baju dan bukan di kantong celana, karena berdasarkan pengalaman saya tidak semua kantong muat kedua barang tersebut sehingga menyebabkan barang tersebut jatuh.
  2. Jangan tergesa-gesa untuk meletakkannya di mall dan tempat belanja lainnya, karena biasanya ketika kita tergesa-gesa maka kita akan lupa dimana meletakkan barang tersebut. Selalu keep on mind setiap waktu kita membawa kedua barang tersebut.
  3. Untuk hape gunakan aplikasi security yang bisa men-tracking keberadaannya biasanya menggunakan GPS dan ada yang hanya menggunakan aplikasi yang bisa mengirim SMS atau telp.  secara otomatis ke hape alternatif jika ternyata SIM card dari hape tersebut telah diganti.
  4. Untuk dompet jangan lupa untuk memberikan keterangan tentang identitas lengkap tentu dengan disertai dengan nomer hape anda yang masih aktif di kartu nama yang anda miliki. Inilah salah satu kegunaan kartu nama selain KTP, kartu ATM, SIM, kartu NPWP, kartu kredit, STNK, dsb.

Jika kita kehilangan dompet kita di jalanan atau tempat keramaian, alangkah repotnya kita jika ternyata di dalam dompet tersebut terdapat semua kartu identiitas yang kita miliki seperti yang saya sebutkan di atas. Di bawah ini ada cara untuk mengembalikan semua kartu tersebut jika ternyata hilang.

  1. Untuk KTP, anda cukup membayar Rp. 5.000,- untuk mendapatkan KTP baru dengan cara lapor ke Kelurahan dengan disertai surat keterangan dari RT bahwa kita telah kehilangan KTP tersebut. Selanjutnya ke kantor kecamatan untuk mencetak KTP tersebut.
  2. Untuk STNK, yang harus kita lakukan ketika kita tahu bahwa kita kehilangan adalah segera lapor ke kantor Polisi terdekat. Dengan surat keterangan kehilangan tersebut maka kita bisa membuat STNK baru dengan merogoh kocek agak dalam yaitu sekitar Rp. 300.000,-. Dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu dipastikan STNK anda akan kembali.
  3. Untuk SIM, anda perlu segera lapor ke kantor Polisi terdekat jika ternyata anda kehilangan. Surat keterangan kehilangan tersebut nantinya bisa digunakan sebagai surat jalan sementara untuk kendaraan anda dan untuk selanjutnya bisa digunakan untuk membuat SIM baru di tempat anda mengajukan pertama kali. Untuk biaya bisa langsung ditanyakan sendiri ke kantor Polisi.
  4. Untuk ATM, jika ternyata ATM anda ternyata diambil orang segera blokir ATM anda jika memang saldo anda di rekening tersebut sangatlah besar. Jika uangnya sama sekali tidak begitu besar, saya yakin orang tidak akan bisa menebak ke-enam angka PIN anda karena kombinasi angka 6 digit ada banyak sekali. Untuk membuat ATM baru anda cukup lapor ke pihak Bank pembuatnya dengan biaya antara Rp. 5.000,- – Rp. 10.000,- saja dengan membawa buku tabungan anda.
  5. Untuk Kartu kredit, anda cukup memblokirnya jika anda ternyata kehilangan. Karena kartu kredit anda kemungkinan besar bisa digunakan oleh pihak lain secara diam-diam.
  6. Untuk NPWP, sama dengan KTP–kita perlu datang atau akses web pajak untuk membuat kartu baru.

Untuk hape kita juga perlu menjaga nomor kita tidak hilang juga sementara kita mempunyai banyak relasi yang membutuhkan kita lewat nomor kita tersebut. Untuk itu kita perlu mendaftarkan dulu ke operator tentang keabsahan nomer kita dengan mengirimkan identitas lengkap termasuk no. KTP lengkap. Hal ini berguna ketika hape kita hilang dan sang penemu membuang nomer kita, dengan kejadian ini maka kita bisa melaporkan kejadian ini ke customer service operator selular untuk merecoveri nomer tersebut. Syaratnya adalah nomer kita masih aktif. Untuk membuat kartu SIM baru tersebut kita cukup bayar Rp. 10.000,- dan jika sebelumnya kita sudah ikut program-program bonus lainnya kita bisa hanya bayar cukup Rp. 5.000,-.

Untuk bisa mencegah kita kehilangan data dari hape kita, seharusnya kita membackup semua nomer penting bahkan sms kita secara manual maupun kita berlangganan melalui operator kita masing-masing dengan syarat hape kita sudah memiliki fasilitas java. Dengan membackup seluruh data kita, jika sewaktu-waktu hape kita hilang kita tidak akan kehilangan data tersebut, karena sangat repot jika semua data-data tersebut hilang dan kita harus cari lagi.

Dengan tips dan trik di atas sudah terbukti bahwa hape dan dompet saya kembali meski sudah jatuh dan ditemu orang. Demikian, semoga bermanfaat.

Advertisements

About Yanwar Pro

Cool person but friendly...

Discussion

2 thoughts on “Cara Balikin Dompet dan Hape Hilang

  1. thanks buddy

    Posted by Haris Mustofa | May 14, 2012, 2:52 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Halaman

Blog Stats

  • 10,723 hits
Advertisements
%d bloggers like this: