//
you're reading...
Hikayat Ngaji

Arti Pasangan Hidup


pasangan hidup

Pasangan Hidup

Sesungguhnya Allah selalu memberikan kita nikmat lahir dan nikmat batin. Secara lahiriah Allah memberikan kita jodoh atau pasangan dan secara batiniah Allah memberi kita cinta. Jika tidak demikian maka kita tidak akan bisa dimengerti dan dirasakan. Cinta tanpa pasangannya berarti tidak ada artinya, pasangan tanpa cinta juga tidak ada artinya.

Jauh sebelum ini perlu kita ketahui kerangka penciptaan, bahwa kita diciptakan Allah untuk mencapai kebahagiaan.

21. dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (Al-Quran: Surat Ar-Ruum : 21)

Ada 4 faktor yang mengantarkan manusia kepada kebahagiaan, yaitu:

  1. Rezeki
  2. Jodoh
  3. Ilmu
  4. Agama

Tapi 4 faktor itu sesungguhya tidak bisa mengantarkan kita sendiri kepada kebahagiaan kecuali jika ada pasangannya, seperti Allah memberikan kita rezeki, Allah tidak akan memberikan kebahagiaan kecuali memberikan sesuatu itu pasangannya, dan pasangan rezeki itu kekayaan hati yaitu konaah. Jadi sesungguhnya pasangan dari kekayaan lahir itu adalah kekayaan batin, yaitu konaah. Pasangan jodoh itu cinta. Jadi seumpama tidak ada konaah maka kekayaan itu tidak bisa dimengerti dan dirasakan. Orang akan selalu kurang meskipun banyaknya harta yang dimiliki. Jika ada perempuan dan laki-laki tapi tidak ada cinta, maka tidak akan bisa dimengerti makna pasangan tadi kecuali hanya rasa keberlainan saja. Dia lain daripada saya, ia perempuan dan saya laki-laki. Jadi rasanya hanya ada keberlainan saja.

Faktor ketiga, yang diberikan Allah kepada manusia untuk mencapai kebahagiaan namanya ilmu. Jadi bukan hanya harta dan jodoh. Pasangan daripada ilmu ini adalah dzikir, selalu ingat kepada Allah. Sejak awal Allah telah berfirman dalam Al-Quran: Surat Al-Alaq: 1-4.


1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
4. yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Bacalah, gunakan akalmu tapi jangan lupa dengan Tuhanmu. Seperti dikatakan oleh Albert Einstain bahwa ilmu tanpa disadari atas kesadaran atas Allah maka akan menjadi buta.  Lebih daripada itu Allah memberi kepada manusia anugerah yang tinggi sekali yaitu agama. Tapi agama akan mati ketika ia kehilangan ruhnya. Dan ruh agama adalah ketakwaan kepada Allah. Seperti yang banyak diketahui selama ini, banyak orang yang tidak bahagia walaupun punya kekayaan—itu disebabkan karena tidak adanya konaah. Seseorang tidak pernah bahagia karena tidak adanya cinta, dan seseorang akan menjadi bodoh jika tidak adanya ilmu.

About these ads

About Yanwar Pro

Cool person but friendly...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: